Muqaddimah dan Kesimpulan Surat Al Faatihah

Muqaddimah Surat Al Faatihah Surat Al Faatihah (Pembukaan) yang diturunkan di Mekah dan terdiri dari 7 ayat adalah surat yang perta...

Surat Al baqarah ayat 119 sampai 123 dan terjemahan

Larangan mengikuti Yahudi dan Nasrani, Alquran Tentang Larangan mengikuti Yahudi dan Nasrani, Alquran tentang Larangan mengikuti orang kristen, Surat Albaqarah ayat 119, Terjemahan Surat Albaqarah Ayat 119, Penjelasan Surat Albaqarah Ayat 119, Tafsir Albaqarah Ayat 119, Surat Albaqarah ayat 120, Terjemahan Surat Albaqarah Ayat 120, Penjelasan Surat Albaqarah Ayat 120, Tafsir Albaqarah Ayat 120, Surat Albaqarah ayat 121, Terjemahan Surat Albaqarah Ayat 121, Penjelasan Surat Albaqarah Ayat 121, Tafsir Albaqarah Ayat 121, Surat Albaqarah ayat 122, Terjemahan Surat Albaqarah Ayat 122, Penjelasan Surat Albaqarah Ayat 122, Tafsir Albaqarah Ayat 122, Surat Albaqarah ayat 123, Terjemahan Surat Albaqarah Ayat 123, Penjelasan Surat Albaqarah Ayat 123, Tafsir Albaqarah Ayat 123, Penjelasan Alquran, Tafsir Alquran, Tafsir Alquran Lengkap, Alquran Online, Alquran, Alquran terjemahan Depag, Alquran Lengkap, Alquran Arab, Alquran Indonesia, Arti Alquran.

Berikut Surat Al baqarah ayat 119  sampai 123 beserta Terjemahan dan Penjelasannya

AL BAQARAH
(SAPI BETINA)
SURAT KE 2 : 286 ayat

Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyanyang

119. Sesungguhnya Kami telah mengutusmu (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungan jawab) tentang penghuni-penghuni neraka. Asbabun nuzul 

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Betapa inginnya aku tahu nasib ibu bapakku." Maka turunlah ayat tersebut di atas (S. 2: 119). Rasulullah SAW tidak menyebut-nyebut lagi kedua ibu bapaknya hingga wafatnya. Ayat tersebut di atas menjelaskan Nabi bertugas sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. 
(Diriwayatkan oleh Abdurrazzaq dari atTsauri, dari Musa bin 'Ubaidah yang bersumber dari Muhammad Ibnu Ka'b al-Qarzhi. Hadits ini mursal.) 

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa Rasulullah SAW pada suatu hari berdoa. "Di mana kedua ibu bapakku kini berada?" Maka Allah turunlah ayat tersebut di atas (S. 2: 119) 
(Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Ibnu Juraiz yang bersumber dari Dawud bin Abi 'Ashim. Hadits ini pun mursal.) 


 120. Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)". Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu. Asbabun nuzul 

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa kaum Yahudi Madinah dan kaum Nashara Najran mengharap agar Nabi SAW shalat menghadap qiblat mereka. Ketika Allah SWT membelokkan qiblat itu ke Ka'bah, mereka merasa keberatan. Mereka berkomplot dan berusaha agar supaya Nabi SAW menyetujui qiblat sesuai dengan agama mereka. Maka turunlah ayat tersebut di atas (S. 2: 120) yang menjelaskan bahwa orang-orang Yahudi dan orang-orang Nashara tidak akan senang kepada Nabi Muhammad SAW walaupun keinginannya dikabulkan. 
(Diriwayatkan oleh Tsa'labi yang bersumber dari Ibnu Abbas.) 


 121. Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya[84], mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi. 

[84]. Maksudnya: tidak merobah dan mentakwilkan Al Kitab sekehendak hatinya. 

122. Hai Bani Israil, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Ku-anugerahkan kepadamu dan Aku telah melabihkan kamu atas segala umat[85]. 

[85]. Maksudnya: umat yang semasa dengan Bani Israil. 


123. Dan takutlah kamu kepada suatu hari di waktu seseorang tidak dapat menggantikan[86] seseorang lain sedikitpun dan tidak akan diterima suatu tebusan daripadanya dan tidak akan memberi manfaat sesuatu syafa'at kepadanya dan tidak (pula) mereka akan ditolong. 

[86]. Maksudnya: dosa dan pahala seseorang tidak dapat dipindahkan kepada orang lain. 

Demikian Surat Albaqarah ayat 119 sampai 123 dan Terjemahannya serta Penjelasannya

Belum ada Komentar untuk "Surat Al baqarah ayat 119 sampai 123 dan terjemahan"

Posting Komentar

Kritik dan Saran Sangat Diharapkan untuk Mendukung Supaya Web ini Menjadi Lebih Baik. Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel